Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa dan Cara Pengisiannya

Surat Rekomendasi Beasiswa

Surat rekomendasi beasiswa adalah salah satu elemen penting dalam proses aplikasi beasiswa. Surat ini berfungsi sebagai bukti dan pandangan pihak lain terhadap penerima beasiswa. Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya surat rekomendasi, bagian-bagian yang harus ada dalam surat tersebut, langkah-langkah menulisnya dengan efektif, contoh surat rekomendasi, dan kesimpulannya.

<yoastmark class=

Tujuan surat rekomendasi beasiswa

Tujuan utama surat rekomendasi adalah untuk memberikan pandangan objektif dari pihak ketiga tentang calon penerima beasiswa. Surat ini membantu dewan beasiswa dalam memahami profil dan kemampuan calon penerima. Dengan rekomendasi positif, calon penerima memiliki peluang yang lebih baik dalam menerima beasiswa yang mereka apply.

Bagian-bagian surat rekomendasi beasiswa

Pengenalan diri penulis surat

Hal pertama yang perlu ada dalam surat rekomendasi adalah pengenalan diri penulis surat. Penulis harus mencantumkan nama, jabatan dan hubungannya dengan penerima rekomendasi.

Pernyataan hubungan antara penulis dan penerima rekomendasi

Setelah pengenalan diri, penulis harus menjelaskan hubungan antara dirinya dan calon penerima. Apakah penulis merupakan dosen, supervisor, atau orang yang mengenal calon penerima secara personal.

Alasan penulis merekomendasikan penerima

Langkah berikutnya adalah menjelaskan mengapa penulis merekomendasikan penerima beasiswa tersebut. Apakah karena prestasi akademik, kepemimpinan, keterampilan khusus, atau alasan lain yang relevan.

Deskripsi pencapaian dan keunggulan penerima

Selanjutnya, penulis harus mendeskripsikan pencapaian dan keunggulan penerima beasiswa. Hal ini dapat mencakup prestasi akademik, penghargaan, partisipasi dalam organisasi, atau pengalaman kerja yang relevan.

Harapan dan dukungan penulis

Pada bagian ini, penulis harus menyampaikan harapannya untuk penerima beasiswa dan memberikan dukungan moral serta motivasi. Penulis juga bisa menambahkan informasi tentang rencana masa depan penerima yang berkaitan dengan beasiswa tersebut.

Langkah-langkah menulis surat rekomendasi beasiswa yang efektif

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk menulis surat rekomendasi yang efektif:

  1. Kenali penerima dengan baik. Pelajari prestasi, kualitas kepribadian, dan tujuan penerima.
  2. Buat kerangka surat dengan jelas. Susun bagian-bagian yang perlu ada dalam surat, sesuai dengan outline yang telah disebutkan sebelumnya.
  3. Gunakan bahasa formal dan lugas. Hindari penggunaan frasa yang terlalu umum atau klise.
  4. Ungkapkan penilaian dan pandangan pribadi secara jelas. Berikan contoh konkret atau pengalaman pribadi yang relevan.
  5. Jelaskan alasan kenapa penerima layak mendapatkan beasiswa. Fokus pada keunggulan dan potensi penerima.
  6. Jaga kebersihan dan kesesuaian surat. Periksa kesalahan tata bahasa, penulisan, dan kesesuaian format surat.

 

Contoh surat rekomendasi beasiswa I

Kepada Yth. Bapak/Ibu ….. (pemberi beasiswa)

Dengan hormat, Perkenalkan, saya ……. selaku …….. di ……… sekaligus Dosen Pembimbing mahasiswa sebagai berikut:

Nama: …………….

Tempat Tanggal Lahir: ………………

Fakultas: …………………..

Program Studi: …………………..

IPK: ……………………….

telah menjadi dosen pembimbing mahasiswa tersebut selama ……… tahun. Saya bermaksud merekomendasikannya untuk program beasiswa……………………. yang Bapak/Ibu selenggarakan. Saya yakin dengan adanya bantuan pendidikan kepada mahasiswa tersebut, akan mampu mendukungnya belajar dengan baik. Saya memahami cita-cita dan keinginannya di dunia pendidikan, maka saya merekomendasikannya sebagai kandidat terpilih beasiswa …… Mahasiswa tersebut juga memiliki prestasi di bidang studi tersebut.

Berikut ini prestasi yang dicapai:

Prestasi:

1. (nama prestasi) di …………. pada …………

2. (nama prestasi) di …………. pada …………

3. (nama prestasi) di …………. pada …………
Selain itu, ia juga aktif dalam berbagai organisasi tingkat program studi, fakultas, maupun universitas. Berikut ini daftar riwayat organisasi dan sertifikasi kompetensi yang ia geluti:

Riwayat Organisasi:

1. (nama organisasi yang diikuti) dan menjabat sebagai ……………

2. (nama organisasi yang diikuti) dan menjabat sebagai ……………

3. (nama organisasi yang diikuti) dan menjabat sebagai ……………

Sertifikasi Kompetensi:

1. (nama sertifikasi kompetensi) di …………. pada ………… dengan nilai ………….

2. (nama sertifikasi kompetensi) di …………. pada ………… dengan nilai ………….

3. (nama sertifikasi kompetensi) di …………. pada ………… dengan nilai ………….

Mahasiswa tersebut memiliki skill analisis yang baik dan mudah beradaptasi. Ia mampu bersosialisasi dan bekerja sama dengan baik. Saya yakin dengan kemampuannya tersebut, ia mampu belajar dengan baik dan berkontribusi dengan baik. Demikian rekomendasi yang dapat saya sampaikan. Jika tertarik untuk membahasnya lebih lanjut, silakan hubungi saya di ……….

Hormat saya,

 

(Nama Pemberi Rekomendasi)

 

Kontak Instansi:

(nama universitas) (email) (Nomor handphone)

Contoh surat rekomendasi beasiswa II

SURAT REKOMENDASI BEASISWA Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …………………………………………………………..

NIP : …………………………………………………………..

Jabatan : ……………………………………………….…

Unit Kerja : (masukkan nama universitas, fakultas, dan program studi) dengan ini memberikan rekomendasi beasiswa terhadap mahasiswa:

Nama : …………………………………………………………..

NIM : …………………………………………………………..

IPK : …………………………………………………………..

Program Studi : …………………………………………………………..

Fakultas : …………………………………………………………..

Tahun Kelulusan: …………………………………………………………..

Untuk dapat mengikuti program beasiswa ………… yang diselenggarakan oleh ………….. periode ……………… dan melampirkan syarat-syarat sebagaimana terlampir.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

(Nama Kota), (tanggal bulan tahun )

(Masukkan Jabatan)

(nama lengkap pejabat yang mengajukan rekomendasi)

Contoh surat rekomendasi beasiswa dari kepala sekolah

Berikut ini adalah contoh surat rekomendasi beasiswa dari kepala sekolah, dimana pada surat rekomendasi beasiswa dari kepala sekolah harus dicantumkan identitas sekolah, nama kepala sekolah, sampai isi lengkap dengan tanda tangan kepala sekolah.

[Logo Sekolah]

[Alamat Sekolah]
[Tanggal]

Kepala Sekolah
[Nama Kepala Sekolah]
[Alamat Kepala Sekolah]
[Telp. Kepala Sekolah]
[Email Kepala Sekolah]

Perihal: Surat Rekomendasi Beasiswa

Kepada,
Panitia Seleksi Beasiswa
[Nama Lembaga/Instansi Pemberi Beasiswa]
[Alamat Lembaga/Instansi]
[Telp. Lembaga/Instansi]
[Email Lembaga/Instansi]

Dengan hormat,

Sehubungan dengan permohonan beasiswa yang diajukan oleh [Nama Siswa], siswa/i kami di [Nama Sekolah], saya dengan ini memberikan surat rekomendasi untuk mendukung dan merekomendasikan [Nama Siswa] sebagai calon penerima beasiswa yang sangat berpotensi dan berdedikasi.

Saya telah mengamati dan mengenal [Nama Siswa] selama masa studinya di sekolah kami. [Nama Siswa] adalah siswa/i yang memiliki semangat belajar yang luar biasa dan menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pendidikan. Ia selalu menunjukkan kecerdasan intelektual yang tinggi dan mampu mencapai prestasi akademik yang membanggakan. Ia juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan berkontribusi positif dalam lingkungan sekolah.

Selain itu, [Nama Siswa] memiliki kepribadian yang baik dan sikap yang menginspirasi teman-temannya. Ia adalah sosok yang bertanggung jawab, disiplin, dan memiliki integritas yang tinggi. Ia selalu menunjukkan sikap kerjasama dan dapat bekerja dalam tim dengan baik. Kemampuannya dalam berkomunikasi juga sangat baik, baik dalam berinteraksi dengan guru maupun teman-teman sekelasnya.

Saya yakin bahwa [Nama Siswa] memiliki potensi yang besar untuk mencapai kesuksesan di bidang akademik maupun non-akademik. Namun, kami menyadari bahwa kondisi keuangan keluarganya menjadi kendala dalam mewujudkan impian tersebut. Oleh karena itu, saya dengan tulus merekomendasikan [Nama Siswa] sebagai calon penerima beasiswa.

Saya meyakini bahwa dukungan beasiswa akan memberikan kesempatan bagi [Nama Siswa] untuk melanjutkan pendidikannya secara lebih baik dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Saya percaya bahwa [Nama Siswa] akan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan terus berusaha untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

Demikian surat rekomendasi ini saya buat dengan penuh keyakinan atas kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh [Nama Siswa]. Saya berharap lembaga/instansi pemberi beasiswa dapat mempertimbangkan dengan baik permohonan beasiswa [Nama Siswa]. Jika ada informasi tambahan yang diperlukan, saya siap untuk memberikannya.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat saya,

[Nama Kepala Sekolah]
Kepala Sekolah
[Nama Sekolah]

Kesimpulan

Surat rekomendasi beasiswa merupakan elemen penting dalam proses aplikasi beasiswa. Surat ini memainkan peran penting dalam memberikan pandangan objektif tentang calon penerima beasiswa. Dalam menulis surat ini, penting untuk menjelaskan hubungan, merekomendasikan calon dengan alasan yang jelas, dan memberikan deskripsi yang baik tentang keunggulan penerima. Dengan langkah-langkah dan contoh yang tepat, diharapkan surat rekomendasi dapat membantu penerima dalam meraih kesempatan beasiswa yang mereka impikan.

FAQ

  1. Apakah surat rekomendasi beasiswa diperlukan untuk semua jenis beasiswa?
    Iya, umumnya surat rekomendasi diperlukan untuk hampir semua jenis beasiswa. Namun, ada beberapa beasiswa yang mungkin tidak membutuhkannya.
  2. Berapa banyak surat rekomendasi yang biasanya dibutuhkan dalam satu aplikasi beasiswa?
    Jumlah surat rekomendasi yang dibutuhkan dapat bervariasi tergantung pada beasiswa yang diapply. Dalam beberapa kasus, satu surat rekomendasi sudah cukup, tetapi dalam kasus lain mungkin dibutuhkan dua atau lebih.
  3. Bolehkah kita menulis surat rekomendasi beasiswa untuk keluarga atau teman dekat?
    Tidak disarankan untuk menulis surat rekomendasi untuk anggota keluarga atau teman dekat. Surat rekomendasi seharusnya datang dari pihak ketiga yang bisa memberikan pandangan independen dan objektif.
  4. Apakah ada format yang khusus untuk surat rekomendasi?
    Tidak ada format khusus yang ditentukan untuk surat rekomendasi. Namun, penting untuk menjaga kesesuaian dan kebersihan surat serta mengikuti struktur yang telah disebutkan sebelumnya.
  5. Apakah ada batasan waktu untuk meminta surat rekomendasi?
    Sebaiknya meminta surat rekomendasi dengan waktu yang cukup agar penulis surat memiliki waktu yang cukup untuk menulis dan mempersiapkannya secara baik. Disarankan untuk memberi permintaan minimal satu bulan sebelum tenggat waktu aplikasi.

Tinggalkan komentar